Senin, 05 November 2012

Kesimpulan Belajar Linux

Linux mempunyai sifat yang open, Linux berkembang sangat cepat dimana source code bisa diperoleh secara cuma-cuma, tidak terkait dengan perusahaan/vendor berbeda dengan sainganya Windows dari perusahaan/vendor yang berlabel Microsoft itu. Dan semua
penyedia jasa support bisa memberikan dukungan atau bantuan yang baik secara efektif, bahkan untuk bug fixes. Ini memberikan keuntungan bagi perusahaan yang memakai Linux sebagai sistem operasinya, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk lisensi seperti yang dibutuhkan jika menggunakan sistem operasi Windows.
Linux sebagai OS opensource membolehkan tiap orang untuk turut berpartisipasi dan ini merupakan salah satu kelebihan Linux sebagai sistem operasi, banyak variasi dan aplikasi yang dapat kita temukan. Namun bagi pemula, seperti saya sendiri, banyaknya variasi atau lebih dikenal sebagai distro ini dapat membuat bingung. Kurangnya pemahaman tentang Linux ditambah banyaknya variasi dapat membuat kita sebagai pemula menjadi kaget dan mengurungkan niatnya untuk mencicipi sistem operasi ini. Sebagai pemula, kita hanya perlu tahu untuk memilih distro yang sesuai dengan apa yang ingin kita dapatkan dari Linux, apakah akan digunakan sebagai sistem operasi server, sistem operasi multimedia, sistem aplikasi perkantoran, atau penggunaan sistem operasi lainnya. Jadi, untuk membuat kita terbiasa menggunakan sistem operasi Linux layaknya ketika kita menggunakan sistem operasi Windows kita harus terus mencoba dan terus mencoba. Lama-lama alasan kalau Linux itu sulit, terlalu banyak perintah berbasis teks, tampilan GUI-nya kurang menarik, dan atau alasan lainnya lenyap dari dunia sistem operasi. Maka, ayo kita siapkan diri untuk dunia Linux!

0 komentar:

Posting Komentar