Minggu, 04 November 2012

Tips Jitu untuk Mengerjakan Skripsi Teknik Informatika

11 Tips Jitu untuk Mengerjakan Skripsi Teknik Informatika
Hai, rekan2 mahasiswa/i teknik informatika yang sedang mengerjakan skripsi. Di sini, saya akan membagikan 11 tips jitu untuk mengerjakan skripsi. Beberapa tips tersebut adalah:


  1. Pilih topik anda lebih awal. Bila anda mengambil program sarjana 4 tahun maka
    idealnya ketika memasuki semester ke-7, anda sudah harus memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan anda kerjakan. Anda akan membutuhkan sekitar 4-6 bulan untuk membaca, me-research dan menulis skripsi anda.
  2. Pilih topik yang tepat untuk anda. Ini berarti pilihlah topik yang menarik minat anda atau topik yang anda kuasai. Hal ini akan menjadi motivasi tersendiri dalam proses penyelesaian skripsi anda. Topik skripsi bisa anda dapatkan di internet. Salah satu websitenya adalah di blog ini.
  3. Buatlah gambaran awal (outline) mengenai perangkat lunak yang akan anda buat. Spesifikasi program, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari perangkat lunak harus diperjelas. Gambaran awal dapat juga dilakukan dengan melakukan research (penelitian) terhadap topik anda. Hal ini perlu dilakukan supaya anda memiliki gambaran terhadap apa yang akan anda kerjakan. Research dapat dilakukan dengan mencari bahan-bahan di internet atau dengan membaca teori dan konsep dari buku2.
  4. Konsultasikan dan ajukan proporsal skripsi anda kepada dosen / ketua jurusan. Buat proporsal skripsi anda dan konsultasikan ke dosen anda. Di sini, anda perlu menjelaskan apa yang akan anda buat di dalam skripsi anda. Bila proporsal anda diterima, maka ini merupakan langkah awal dalam mengerjakan skripsi anda. YES ... :)
  5. Carilah dosen pembimbing atau teman-teman yang dapat membantu anda. Cari dosen pembimbing yang menguasai topik anda, dapat memberikan saran, membantu dan membimbing anda (Tapi saya akui realitanya sulit sekali :( karena rata-rata semua dosen hanya bisa mengkritik dan bukannya membimbing secara penuh). Alternatif lain adalah cari teman yang dapat membantu anda. Semakin cepat anda menemukannya akan semakin baik.
  6. Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi anda. Apakah itu teori ataupun program jadi yang akan membantu pengerjaan skripsi anda? Ini akan memudahkan anda dalam mengerjakan skripsi. Untuk ini, anda bisa cari di internet. Mana tau ada program jadi yang sudah pernah dibuat orang lain dan ditawarkan di internet? h3x :) Great ... great ... Referensi bisa juga berupa skripsi-skripsi senior anda yang membahas topik yang satu jalur dengan topik anda.
  7. Mulailah mengerjakan bab1 dan bab2 dari skripsi anda. Biasanya di jurusan teknik informatika, bab1 dan bab2 adalah pendahuluan dan teori. Dari referensi yang telah terkumpul pada poin-6, anda setidaknya bisa terbantu dengan mengambil format skripsi atau teori-teori yang sudah ada. Copy & Paste arr .... h3x :) Bila anda punya referensi yang tepat, poin ini tidak akan memakan waktu yang lama. Paling lama 1minggu.
  8. Kerjakan program / perangkat lunak. Ini adalah bagian yang paling sulit dan membutuhkan waktu yang paling lama, karena kenyataannya tidak semua mahasiswa teknik informatika menguasai programming secara utuh. Umumnya, mahasiswa hanya menguasai dasar-dasar programming (yang diberikan institusi pendidikan) dan tidak dikembangkan, sehingga programming skill mahasiswa dirasakan kurang untuk mengerjakan program skripsi. Untuk poin ini, jangan kuatir. Anda masih bisa mencari teman-teman / senior-senior anda untuk dimintai bantuannya. Bagi yang mempunyai skill programming yang cukup, buatlah prototype program dalam 1-2 hari dan coding atau kerjakan program anda dalam waktu maksimal 1 bulan. Setelah program selesai, ini artinya anda sudah 80% selesai ... Take a break, refreshing & relax for a moment :)
  9. Mulai menyusun bab3, bab4 dan bab5. Setelah program selesai, poin ini akan relatif mudah, karena inti dari ketiga bab ini adalah apa yang ada di dalam program anda. Bab3 adalah prototype / rancangan (ambil form2 dari program). Bab4 adalah algoritma yang diambil dari program. Copy & paste source code dan diganti jadi bahasa indonesia. Misalnya IF diganti jadi JIKA, THEN diganti jadi KEMUDIAN and so on ... Bab5? Gampang, simpulkan apa yang anda buat dan tulis kelemahan atau saran perbaikan program yang tidak dapat anda kerjakan.
  10. Konsultasikan bab per bab dengan dosen pembimbing. Ini adalah POIN YANG PENTING. Beberapa institusi tidak terlalu mempersulit pengerjaan skripsi, paling2x diganti dan dikasih saran perbaikan yang sesuai dan relatif tidak menyulitka. Tetapi ada beberapa institusi yang mempunyai dosen killer yang akan sangat mempersulit pengerjaan skripsi anda. Tidak peduli bagaimana bagusnya skripsi anda, tetap harus ada perbaikan / coret2an yang dibuatnya di paper anda. Oh god ... :( But it's alright, i have some great tips here. Untuk menghadapi dosen killer seperti ini, yang harus anda lakukan adalah JANGAN PERNAH MENENTANGNYA. Pelajari dengan baik skripsi anda, konsultasikan dengan penuh percaya diri dan jangan pernah terlihat anda lebih tahu dari dosen anda. Beberapa dosen killer tidak akan dengan segan-segan 'membunuh' mahasiswa yang tidak menguasai skripsinya (mungkin karena mereka ingin mencari perhatian). Beberapa di antaranya mempersulit mahasiswa yang bergaya sok tahu. So, saran saya: KUASAI SKRIPSI ANDA & KONSULTASIKAN SECARA DUA ARAH. Note: bila anda diminta untuk membuat sesuatu yang di luar kemampuan anda. Anda bisa mencoba membalikkan permintaan tersebut dengan menyerahkannya kembali ke dosen tersebut. Caranya: minta dengan baik2 & hormat supaya dosen tersebut membimbing anda dengan penuh untuk menyanggupi permintaan tersebut, karena request tersebut benar2 di luar kemampuan anda. Percayalah, bahwa tips ini akan membuat dosen anda sedikit berpikir ketika dia meminta anda untuk menambahkan sesuatu yang rumit. But hopefully, your tutor is kind ... :)
  11. Seminar Hasil & Meja Hijau. Saran saya sangat singkat, KUASAI SKRIPSI ANDA bila anda tidak ingin menjadi 'sasaran tembak' dalam event tersebut. Pelajari minimal dalam 1 minggu dari teori sampai source code program. Bila saatnya tiba, anda harus tampil percaya diri sehingga dosen anda akan mendapatkan image bahwa anda memang bukan mahasiswa sembarangan :) Bila anda menguasai poin ini dengan baik, tidak mustahil anda akan mendapat nilai 'A' untuk skripsi anda. Congratulations, you've just got your title.
Semoga 11 tips ini akan bermanfaat untuk rekan2 semua

0 komentar:

Posting Komentar