Selasa, 13 November 2012

Populasi Robot di China Diprediksi Membesar Tahun 2014

detail berita
ilustrasi (foto: Want China Times)
BEIJING - China diprediksi bakal menjadi negara dengan populasi robot terbesar dan mengalahkan Jepang dalam beberapa tahun ke depan. Prediksi ini muncul seiring dengan naiknya biaya pekerja dan kebutuhan akan efisiensi.

Dilansir dari The Register, Selasa (13/11/2012), International Federation of Robotics (IFR) pernah mengatakan bahwa China meningkatkan pasokan robot industrinya sampai empat kali lipat, antara 2006-2011. Kini posisi Negeri Tirai Bambu dalam hal robot telah melampaui Amerika Serikat, tapi masih dibelakang Jepang dan Korea.

"Dalam sejarah 50 tahun ini tidak ada negara lain yang memiliki pertumbuhan penggunaan robot begitu dinamis dalam waktu singkat," ungkap IFR kepada kantor berita Xinhua.

Prediksi IFR, China akan jadi pengguna robot terbesar di dunia pada 2014 dengan supply yang melonjak dari 22,6 ribu unit di 2011 menjadi 32 ribu unit.

Original device manufacturer (ODM) atau original equipment manufacturer (OEM) seperti Foxconn telah berupaya menggantikan beberapa staff mereka dengan robot. Raksasa teknologi yang berasal dari Taiwan ini telah memiliki sekira 10 ribu bots dalam garis produksinya dan menarget peningkatan sampai 300 ribu pada akhir 2012.

0 komentar:

Posting Komentar