Senin, 24 Desember 2012

Download 5 software partisi hardisk

Software Partisi Hardisk banyak sekali dikembangkan, ada yang berbayar dan banyak pula yang sifatnya gratis (free), namun untuk kesempatan ini akan dibahas 5 software partisi hardisk terbaik namun dapat digunakan secara gratis.

Jenis-Jenis Partisi Hardisk

Partisi hardisk adalah sistem tata ruang untuk sebuah harddisk.  Sedangkan untuk jenis-jenis partisi hardisk tersebut ada 3 macam yakni :
  • Primary : Untuk partisi dengan jenis Primary Partisi ini direkomendasikan untuk menyimpan sistem operasi.   Biasanya partisi primary berada pada drive C.
  • Logical : Yakni sebuah partisi yang dikhususkan sebagai tempat penyimpanan data.  Biasanya berada pada Drive D
  • Extended :  Adalah partisi yang membatasi antara partisi primary dan partisi logical.  Extended ini tidak terletak pada drive manapun dia hanya sebagai pembatas saja antara Partisi Primary dan Partisi Logical.
Melakukan partisi hardisk memang merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan untuk membagi hard drive yang mempunyai kapasitas besar. Idealnya dalam membagi partisi hardisk tersebut menjadi dua partisi yakni Primary Partisi (Driver C) dan Logical Partisi (Driver D) sehingga nantinya Anda dapat menetapkan dimana sistem operasi dan software lainnya akan diinstall dalam sebuah drive tertentu.   Membagi partisi akan sangat membantu anda untuk melindungi file penting untuk menghindari kegagalan memboting sistem operasi atau ketika ia terinfeksi oleh virus.

Software Partisi Hardisk Gratis Terbaik Top 5

1. Minitool Partition Wizard Home Edition
Software Partisi Hardisk Gratis TerbaikMiniTool Partition Wizard Home Edition merupakan perangkat lunak yang dapat mengelola partisi hardisk.  Tool ini sudah mendukung 32/64 bit Sistem Operasi Windows termasuk didalamnya Windows XP, Vista, Windows 7 dan Windows 8.  Untuk pengguna rumahan tool ini dapat digunakan secara bebas untuk mengelola hardisk.  Fungsi dari tool ini meliputi: Mengubah ukuran partisi, menyalin partisi, membuat partisi, memperpanjang Partisi, Partisi Split, Hapus partisi, format partisi, mengkonversi partisi, partisi Explore, menyembunyikan partisi, set partisi, dan Partisi Recovery.
Tertarik mencobanya silahkan download disini

2. EaseUS Partition Master Home Edition
Software Partisi Hardisk Gratis TerbaikEASEUS Partition Master Home Edition bisa menjadi solusi yang bisa ALL-IN-ONE dalam hal membuat dan mengelola partisi dan juga untuk mengatur utiliti hardisk.  Dengan bantuan software ini Anda melakukan semua itu dengan mudah.  Apa yang bisa dilakukan oleh software ini diantaranya adalah : mengubah ukuran atau memindahkan partisi, extend system drive, copy disk dan partisi, menggabung partisi, membagi partisi, mendistribusikan ruang bebas, mengkonversi disk dinamis dan recover partisi.
Download Software Partisi Hardisk ini disini

3. Paragon Partition Manager
Software Partisi Hardisk Gratis TerbaikProgram ini mencakup wizard untuk membuat partisi baru di tempat yang tepat dari harddisk Anda.  Ini juga memiliki wizard untuk menambah ruang kosong di satu partisi dengan up-mengambil ruang yang tidak terpakai dari sebuah partisi yang berdekatan dari hard disk Anda.
Download Tool Partisi Hardisk ini disini

4.  Parted Magic
Software Partisi Hardisk Gratis TerbaikParted Magic adalah software gratis yang dapat melakukan banyak hal bukan hanya sekedar partisi dia juga disertai program-program lain seperti TestDisk, Partimage, Clonezilla dan banyak lainnya.  Ini sangat bagus untuk partisi karena dapat memformat hard drive eksternal dan internal, membuat, menghapus, memindahkan, menyalin, memperluas, dan mengecilkan partisi hard drive.
Download Parted Magic Disini

5.  GParted
Software Partisi Hardisk Gratis TerbaikGParted adalah editor partisi gratis untuk mengelola partisi disk Anda.  Dengan GParted Anda dapat mengubah ukuran, menyalin, dan memindahkan partisi tanpa kehilangan data, memungkinkan Anda untuk:  tumbuh atau menyusut drive C, menciptakan ruang untuk sistem operasi baru dan mencoba menyelamatkan data dari partisi yang hilang.
Download Software Partisi Hardisk Gparted Disini

Sumber Bacaan : techsupportalert.com, top5freeware.com, filehippo

0 komentar:

Posting Komentar