Sabtu, 15 Desember 2012

Statistik dan Statistika

Statistik  adalah kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang tersusun dalamtabel dan atau diagram yang melukiskan suatu persoalan.

Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan datadan penganalisaan yang dilakukan.Statistika dikelompokkan dalam dua kelompok, yaitustatistika deskriptif dan statistika inferensia.

Statistika deskriptif

adalah metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikaninformasi yang berguna.

Statistika inferinsia

adalah metode yang berhubungan dengananalisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulantentang seluruh gugus data induknya.

Data

Data Statistik adalah keterangan atau ilustrasi mengenai sesuatu hal yang bisa berbentuk kategori (misalnya rusak, baik, cerah, berhasil) atau bilangan. Selanjutnya data yang berupa kategori disebut sebagai data kualitatif dan data bilangan disebut
datakuantitatif.

Menurut sumbernya ada data intern dan data ekstern. Data intern adalah data yang diperoleh dari perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Data ekstern adalah data yang diperoleh dari luar instansi atau perusahaan tersebut.

Informasi

Informasi adalah istilah dengan banyak arti bergantung pada konteks, tetapi sebagai aturan berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan,negentropy, komunikasi,kebenaran, representasi, danrangsangan mental

 Dari Wikipedia Indonesia,ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar