Bagi pemakai iDevice, baik iPhone, iPod Touch, maupun iPad,
tentunya sudah terbiasa melakukan pencarian informasi dengan mengetikan
langsung pada search bar di aplikasi Safari untuk iOS.
Setiap kata yang
dimasukkan dari search bar tersebut secara otomatis akan dilemparkan ke mesin
pencari Google. Hal ini terjadi karena Google menjadi mesin pencari default
untuk Safari di iOS. Dengan skema penggunaan ini, Business Insider melaporkan
bahwa Apple telah menerima sekitar US$1 miliar dari Google tiap tahunnya.
Nilai pendapatan bersih ini merupakan hasil analisis yang dilakukan oleh perusahaan keuangan Morgan Stanley dalam laporannya berjudul “The Next Google Is Google.”
Pada awal tahun 2012, Business Insider juga pernah melaporkan bahwa dari kerja sama dengan Apple, Google hanya memperoleh pendapatan bersih kurang lebih sebesar US$335 juta yang berasal dari iklan yang diakses dari seluruh iOS dan Safari. Pendapatan dari iklan mobile tersebut, untuk setiap iklan yang tampil pada iOS, Apple mendapatkan kurang lebih 75 sen.
Beberapa investor mengkhawatirkan kondisi penggelembungan biaya
akuisisi lalu lintas (TAC) milik Google pada perangkat iOS. TAC atau Traffic
Acquisition Cost adalah biaya dari pendapatan yang diperoleh perusahaan
penyedia mesin pencari di internet, seperti Google, Yahoo!, atau Bing. Biaya
TAC dibayarkan oleh perusahaan mesin pencari kepada seluruh afiliasi atau
perusahaan online lain yang mengarahkan lalu lintas akses konsumen langsung ke
mesin pencari.
Menurut analis keuangan Scott Devitt dari Morgan Stanley,
kondisi penggelembungan TAC Google tidak perlu dikuatirkan, karena diperkirakan
hanya akan naik kurang lebih 5% per tahun atau bertahan total antara 30-35%.
Dari tabel TAC yang dikeluarkan oleh Morgan Stanley, TAC Google untuk Apple
mengambil porsi sepertiga, yaitu sebesar 701 dari total 2.165.
Keuntungan lain yang tentunya diperoleh Google secara tidak
langsung adalah mesin pencari Google telah menguasai pasar mesin pencari mobile
sebesar 95%, jauh meninggalkan Bing dan Yahoo!. Dengan pendapatan bersih US$ 1
miliar per tahun dari Google, bagi Apple tentunya bukanlah sebuah nilai yang
cukup besar mengingat pendapatan bersih Apple diperkirakan mencapai US$13
miliar pada kuartal terakhir tahun 2012 lalu.
Jika pada akhirnya Apple memutuskan untuk tidak lagi
menggunakan layanan Google untuk mesin pencari default untuk iOS, diperkirakan
tidak akan memengaruhi pendapatan Google dalam waktu dekat.
Sumber : http://www.infokomputer.com
0 komentar:
Posting Komentar