Rabu, 20 Februari 2013

Bahasa pemrograman BASIC



Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman computer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP) (Octovhiana, 2003).

Dalam pemograman berbasis obyek (OOP), perlu dipahami istilah object, property, method, dan event. Object merupakan komponen di dalam sebuah program. Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Jalannya program dapat diatur menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Setiap komponen dapat beraksi melalui event. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.
Form adalah Object Visual Basic pertama yang harus kita kenali. Hal ini disebabkan karena hampir semua aplikasi Visual Basic menggunakan satu Form atau lebih. Control adalah object VB yang dapat di letakan dalam Form.
Form dan object-object dalam VB dapat kita analogikan dengan manusia, di mana setiap manusia memiliki ciri khas tertentu, misalnya seperti tinggi badan, gemuk kurus dan sebagainya maka object dalam VB juga memiliki karakteristik yang di kenal dengan nama Properties. Jika manusia bisa melakukan tindakan-tindakan seperti menghapus, berjalan dan sebagainya maka object juga memiliki tindakan yang di sebut dengan methods seperti Move, PaintPicture, CLS, Print. Manusia dapat bereaksi terhadap suatu event tertentu maka object juga dapat, hal ini di kenal dengan nama Event, misalnya saat Mouse diklik, keyboard di tekan dan lain sebagainya.
Setiap Object dalam VB memiliki banyak sekali properties dan event, tetapi biasanya properties itu juga dimiliki oleh object lain sehingga jika kita sudah menguasai salah satu object, untuk mempelajari object lain akan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, untuk dapat mengenal dan menggunakan event dan property dalam Visual Basic 6.0, maka diperlukan praktikum ini.

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus