Rabu, 20 Februari 2013

Arti dan Fungsi Statistik



Arti Statistik
Statistik merupakan alat bantu dalam proses analisis suatu data yang berupa angka-angka (data kuantitatif). Oleh karena statistik bekerja dengan angka-angka maka data yang kualitatif baru dapat dianalisis dengan statistik jika telah di modifikasi menjadi data kuantitatif. Statistik juga mempunyai arti sebagai alat bantu untuk menyederhanakan data sehingga mempermudah pemakai data dalam melakukan deskripsi atas data yang terkumpul. Sebagai suatu data analisis kuantitatif, statistik menuntut beberapa persyaratan atas data yang akan dianalisisnya. Hal ini disebabkan pengembangan rumus-rumus statistik didasarkan oleh beberapa asumsi. Oleh karenanya penggunaan statistik sebagai alat analisis tanpa diikuti dengan persyaratan yang diperlukan akan menyesatkn pemakai (terutama dalam melakukan deskriptif atas hasil analisis).

Statistik dapat menyajikan data yang terkumpul secara sederhana. Dengan demikian maka statistik mempunyai manfaat sebagai penyederhanaan atas data yang terkumpul. Sering kali terjadi data yang terkumpul tidak memberi petunjuk kepada pemakainya. Melalui bantuan statistik data tersebut akan tersusun dengan baik dan sederhana sehingga bisa memberikan arti tertentu atas data tersebut.
Fungsi Statistik
Fungsi statistik dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar yaitu: Dekskriptif &  Inferensial. Statistik deskriptif memberikan informasi yang terbatas, yaitu memberi informasi yang terbatas pada data apa adanya. Oleh karenanya pemakai statistik deskriptif tidak dapat mengambil kesimpulan yang umum atas data yang terbatas. Kesimpulan yang dapat diambil, terbatas atas data yang ada. Statistik inferensial yang merupakan pengembangan dari staistik deskriptif dapat memberikan informasi lebih luas dan kompleks. Oleh karenanya pemakai statistik ini dapat melakukan generalisasi yang didasarkan pada hasil analisis.

Guna statistik adalah membantu peneliti/pemakai untuk:
Menentukan sampel yang representative, sehingga peneliti dapat bekerja efisien, tetapi hasilnya sesuai dengan objek yang diinginkan atau diteliti.
Membaca data yang telah dikumpul, sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat.
Melihat ada tidaknya perbedaan antara kelompok satu dengan yang lainnya atas objek yang diteliti.
Melihat ada tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan yang lainnya.
Melakukan prediksi, baik untuk waktu yang akan datang maupun waktu yang lalu.
Melakukan interpretasi atas data yang terkumpul.

0 komentar:

Posting Komentar